Kesehatan Holistik: Adakah Yang Dapat Melemahkan Jaringan Syaraf Anda?

Kesehatan Holistik: Bagaimana Cara Menghindari Sebab-sebab Ketidakselarasan Pada Tubuh Anda?Masih mengacu pada buku Cakrawala Sufi 2: Hidup Sehat dan Seimbang Cara Sufi karya Bapak Anand Krishna sebagai pedoman untuk memperoleh kesehatan holistik, inilah dua hal penting yang dapat melemahkan jaringan syaraf Anda.

1. Mengasihani diri.
Mengasihani diri adalah musuh utama manusia. Ucapan-ucapan seperti, “Begitulah takdirku”, “Begitu lemahnya aku”, memang menciptakan kelegaan, keharuan dan kelembutan sesaat – tetapi tidak pernah membantu.

Sewaktu Anda sakit, banyak yang menaruh simpati pada Anda. Kepedulian mereka sangat mengharukan, kelembutan mereka sangat menyejukkan jiwa Anda. Memperoleh perhatian memang terasa enak, itu sebabnya Anda mencari perhatian melulu. Dan karena perhatian itu Anda peroleh saat sakit, maka Andapun mulai mencintai penyakit.

Sebenarnya, untuk memperoleh kesejukan jiwa seperti itu, untuk merasakan kelembutan hati seperti itu, tidak perlu jatuh sakit. Kelembutan hati, kesejukan jiwa juga dapat diperoleh dengan cara “bersyukur”. Bersyukurlah kepada Allah, Tuhan, Widhi, Bapa Yang di Surga atas segala pemberianNya. Bersyukur kepadaNya akan menyejukkan jiwa Anda, akan melembutkan hati Anda.

Jangan mengasihani diri. Jangan menganggap diri Anda tidak berdaya. Jangan menjadi lemah. Apabila Anda tidak mencintai diri Anda, apabila Anda tidak meyakini sumber kekuatan yang ada dalam diri Anda, maka Anda akan tersia-siakan. Apabila Anda tidak menghargai diri sendiri, orang lainpun tidak akan menghargai diri Anda. Yakinilah potensi diri Anda!

2. Kepercayaan berlebihan pada ramalan.
Kepercayaan yang berlebihan terhadap prediksi, ramalan, perdukunan dan lain sebagainya akan membuat Anda lemah.

Bukan cerita baru. Demikianlah terjadinya, seorang peramal, dukun , paranormal mengatakan pada Anda:”Bintangmu sedang gelap, kamu harus diruwat – dibebaskan dari bencana itu dengan upacara tertentu, kalau tidak dilakuakn akan membawa sial”. Anda tidak mempunyai uang untuk membayar biaya ruwatan yang kadang-kadang sampai jutaan rupiah. Celakanya Anda sudah mempercayai dukun itu, dan mulai memberikan sugesti kepada diri sendiri bahwa bintang Anda gelap, bahwa Anda lagi sial.

Bintang Anda gelap atau tidak, lagi sial atau tidak, yang jelas sugesti pada diri sendiri mulai mempengaruhi semangat kerja. Pikiran Anda mengacau dan jaringan syarafpun terganggu. Terlepas dari kebenaran prediksi peramal, yang jelas Anda mencelakakan diri sendiri.

Betapa naifnya Anda, betapa tololnya – keyakinan Anda terhadap Allah. Tuhan, Widhi, Buddha, Yesus dan entah Anda menyebut apa lagi – masih sebatas isian pada KTP. Perilaku Anda sama sekali tidak mencerminkan keyakinan Anda.

Yakinilah kehidupan ini, yakinilah sinar kasih, cahaya Illahi, Nur Allah yang ada di dalam diri Anda. Yakinilah hari esok yang lebih indah dibandingkan hari ini !
Meyakini para peramal , panormal dan dukun berarti mengundang mereka untuk menjajah batin Anda. Meyakini mereka berarti mempersilahkan mereka untuk memperdaya Anda. Meyakini mereka berarti tidak meyakini diri sendiri.

Celakalah Anda, bila sudah tidak yakin pada diri sendiri. Celakalah Anda, bila kepercayaan pada diri sendiri sudah sirna: Illness means lack of belief. Hilangnya keyakinan pada diri sendiri, hilangnya percaya diri berarti hilangnya kesehatan.

Jadi jauhkanlah – bahkan hindari sifat mengasihani diri serta mempercayai ramalan paranormal secara berlebihan karena akan melemahkan syaraf-syaraf Anda. Dengan melemahnya – kurangnya tenaga pada syaraf akan mulai menghancurkan Anda dari dalam. Percayalah, yakinlah pada diri sendiri karena kesehatan holistik pasti akan menjadi milik Anda jika mau berupaya memberdaya diri mulai sekarang. Jangan ditunda lagi !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih telah mengunjungi blog saya, silakan tinggalkan komentar untuk kritik, saran dan masukan...