Sehat Dalam Sekejap: Solusi Mengatasi Keinginan Untuk Bunuh Diri.

Sehat Dalam Sekejap: Solusi Mengatasi  Keinginan Untuk Bunuh DiriKesehatan holistik akan selalu membahas hal-hal yang berkaitan dengan diri, dengan belajar mengenal dan memahami – baru Anda akan mencintai diri, kemudian akan berupaya untuk memberdaya diri agar selalu sehat, terhindar dari stres dan penyakit.
Mengerikan sekali, tiap hari lewat televisi kita disuguhi tayangan tentang bunuh diri maupun pembunuhan. Pertanyaan yang timbul kemudian adalah mengapa terjadi bunuh diri maupun pembunuhan? Simaklah penjelasan sederhana di bawah ini.

Keinginan untuk bunuh diri atau membunuh orang lain disebabkan oleh batin yang amat sangat lemah. Orang yang lemah menjadi keras, dia ingin menutupi kelemahannya dengan tindakan kekerasan.

Jika Anda termasuk orang yang keras kepala atau stubborn, harus berhati-hati sekali. Ubahlah sikap, karena kekerasan hanya membuktikan kelemahan-kelemahan batin Anda. Semakin lemah batin, semakin keras Anda – dan pada suatu ketika menjadi begitu keras, sehingga tega membunuh. Entah yang dibunuh diri sendiri atau orang lain.

Solusi.
Hindarilah pembacaan doa yang membuat semakin meyakini kelemahan diri. Misalnya: “O Tuhan, aku berdosa, hidup dalam dosa, berasal dari dosa – bla, bla, bla...”.

Ingatkan diri bahwa Anda berasal dari Dia Yang Maha Memiliki, Maha Perkasa, Maha Kuat. Dan Anda mewarisi keperkasaanNya, kekuatanNya.

Dalam tradisi Sanskerta, dianjurkan melakukan pengulangan So Hum – Akulah Itu! Sambil menarik nafas ucapkan Soooooooooo......., sambil membuang nafas, ucapkan Hummmmm...
Jika alergi terhadap bahasa sanskerta gunakan bahasa Indonesia, atau bahasa Latin atau bahasa Arab – bahasa apa saja. Tarik nafas dan ucapkan “Akulahhhhh.......” buang nafas dan ucapkan “Ituuuuuuuu.......”

Para Sufi seperti Mansur akan mengucapkan Anaaaaaaa....... sambil menarik nafas dan Al Haqqqq...... sambil membuang nafas. Artinya “Akulah Kebenaran”. Jika masih belum memahami maksud Mansur, maka bisa diganti dengan Haqqqq..... sambil menarik nafas dan Allahhhhhhh.... sambil membuang nafas. Artinya “Allah Maha Besar”.

Para mistik Kristen menggunakan mantra Lord Yesus Have Mercy on Me. Sambil menarik nafas, ucapkan Lord Yesus.... dan sambil membuang nafas ucapkan Have Mercy on Me.

Salah satu mantra yang indah dari tradisi buddhis adalah Om Mani Padme Hum. Sambil menarik nafas ucapkan Om Mani, dan sambil membuang nafas ucapkan Padme Hum. Artinya – Aku Berlindung pada Permata Kesadaran yang berada dalam Diriku.

Latihan-latihan seperti ini akan mulai terasa manfaatnya setelah 10 menit. Jangan mekanis. Pelan-pelan, sambil menghayati maknanya, lakukan dengan mata tertutup dan ucapkan dalam hati – tanpa suara. Jangan diulangi lebih dari 20 menit, karena diatas 20 menit Anda akan kehilangan kesadaran. Pengulangan mantra jangan menjadi otomatis dan mekanis. Kemudian Anda terjebak lagi dalam permainan konsentrasi, dan tidak akan terjadi meditasi.

Latihan ini bisa dilakukan satu atau dua kali setiap hari, tidak perlu lebih dari itu. Bahkan jika sudah merasa tidak perlu lagi, jangan dilanjutkan. Anda cukup melakukan latihan MeDinA setiap hari.

Jadi, sekalian mengingatkan kembali bahwa latihan-latihan Sehat Dalam Sekejap , latihan inti adalah Medina dan latihan lainnya adalah sesuai kebutuhan – sesuai dengan kondisi lapisan pikiran & emosional Anda. Bila agak lupa tentang lapisan-lapisan kesadaran yang harus di olah dalam kesehatan holistik ini, silahkan simak kembali penjelasan secara lengkapnya disini.

3 komentar:

  1. frustasi meningkatkan niat bunuh diriii

    BalasHapus
  2. NIce tips pak, bisa meningkatkan tingkat bunuh diri.tapi jika membaca blog ini, turun drastis dah. seperti di Jepang sana. banyak bener..karena kekurang mampuan menghadapi situasi. jalan pintas diambil

    BalasHapus

Untuk mendapatkan kiriman tulisan terbaru silahkan mengisi komentar dan menuliskan alamat email di bawah ini: