Dapatkah Percaya Diri Menimbulkan Keyakinan, Keselarasan Dan Kesehatan Holistik ?

Dapatkah Percaya Diri Menimbulkan Keyakinan, Keselarasan Dan Kesehatan Holistik ?Untuk memahami kesehatan holistik yang paling utama adalah keyakinan akan kemampuan diri – bahwa tubuh mempunyai kemampuan yang sangat luar biasa untuk menyembuhkan dirinya sendiri. Kemampuan yang sudah secara alami ini tersedia di tubuh Anda dan dengan hanya campur tangan sedikit untuk memahaminya serta berupaya memberdaya diri , maka kesehatan holistik akan menjadi milik Anda selamanya.

Bukan hanya ketidakselarasan fisik yang dapat diatasi dengan rasa percaya diri, keliaran pikiranpun dapat dijinakkan. Pikiran menjadi liar karena hilangnya percaya diri, sehingga dengan kembalinya kepercayaan pada diri sendiri pikiran akan menjadi jernih kembali.

Anda sering mengaku sudah memiliki rasa percaya diri. Tetapi benarkah demikian? Seringkali kita mendengar ucapan-ucapan seperti: “ Aku percaya pada Tuhan, pada Allah – semoga Dia memperkuat imanku, kepercayaanku”. Ucapan-ucapan seperti ini tidak bermakna sama sekali. Renungkan sejenak: Apabila Anda sudah memiliki iman, sudah percaya pada Allah, maka tidak akan memohon agar iman Anda diperkuat lagi. Permohonan Anda agar iman diperkuat, sudah membuktikan bahwa sesungguhnya Anda belum beriman.

Hanya mengucapkan “Aku percaya” tidak berarti bahwa Anda benar-benar percaya. Kepercayaan haus berkembang menjadi keyakinan. Sekali lagi, keyakinan merupakan buah pohon kepercayaan. Kepercayaan yang bersifat total pada suatu ketika berubah menjadi keyakinan.

Lakukan introspeksi diri – kepercayaan Anda pada diri sendiri belum total. Dengan modal kepercayaan yang begitu lemah, iman apa yang Anda bicarakan? Keyakinan pada Tuhan masih jauh, meyakini KehendakNya masih jauh, meyakini diri sendiri saja Anda belum bisa. Keyakinan merupakan modal utama manusia. Tanpa keyakinan hidup Anda akan selalu terombang-ambing. Untuk mengembalikan keselarasan tubuh, keseimbangan diri, kejernihan pikiran dan ketenteraman jiwa sangat dibutuhkan keyakinan.

Apabila Anda sedang menjalani salah satu terapi untuk mengembalikan nada dan irama – untuk menyelaraskan fisik, jaringan syaraf dan lapisan-lapisan kesadaran mental dan emosional dalam diri Anda – yang paling penting adalah mempercayai diri sendiri dan mempercayai terapi tersebut. Keyakinan pada diri sendiri dan pada terapi yang sedang Anda jalani dapat mempercepat proses penyembuhan. Bila Anda semakin yakin, semakin cepat pula proses penyembuhan. Tanpa keyakinan, terapi ataupun obat-obatan apapun tidak akan bisa membantu Anda. Keyakinan merupakan terapi awal.

Keyakinan berarti kepercayaan yang total. Kepercayaan yang tidak akan mengalami pasang surut, kepercayaan yang tidak tergantung pada pembuktian. Ya, faith is blind. Keyakinan itu buta. Memang harus buta, kalau belum buta belum bisa disebut keyakinan.

Keyakinan adalah kehidupan. Tanpa keyakinan, hidup Anda akan kehilangan nada dan iramanya. Tanpa keyakinan, Anda akan selalu terbawa oleh arus. Keyakinan akan memberikan kekuatan kepada Anda untuk mengikuti arus. Terbawa arus berarti Anda tidak berdaya sama sekali, tidak ada kekuatan untuk melawan arus. Mengikuti arus berarti bahwa Anda memiliki kekuatan untuk melawan arus tetapi memilih untuk mengikuti arus. Mengikuti arus bukanlah pertanda kelemahan, mengikuti arus membutuhkan keberanian yang luar biasa. Dan keberanian semacam itu akan muncul, apabila Anda meyakini kemampuan diri, apabila memiliki percaya diri.

Pada dasarnya setiap orang memiliki rasa percaya diri, sudah memiliki keyakinan. Sementara itu bila hal tersebut tidak terasa, sebabnya hanya satu yaitu cermin keyakinan diri Anda tertutup oleh debu pesimisme. Cara Anda melihat kehidupan terpengaruh oelh sebentuk pesimisme. Anda melihat kehidupan sepotong-sepotong , sehingga gambaran yang Anda peroleh tidak lengkap dan membuat Anda pesimis.

Rasa percaya diri tidak dapat di beli di toko, tidak dapat diperoleh dari luar. Para guru spiritualpun tidak dapat memberikannya pada Anda. Rasa percaya diri yang berkembang menjadi keyakinan pada diri sendirii akan menghasilkan kesehatan. Bukan hanya kesehatan jasmani, tetapi juga kesehatan rohani, keselarasan mental dan emosional, keseimbangan batin.

Menaklukkan dunia begitu mudah, tetapi begitu sulit menaklukkan keraguan, kebimbangan dalam diri sendiri. Ia yang bisa membersihkan cermin dirinya dari debu keraguan dan kebimbangan , dari kotoran ketidakpercayaan dan ketidakyakinan adalah seorang pahlawan.

Keyakinan adalah pemberian Allah, Keyakinan hanya akan berkembang, apabila disirami oleh RahmatNya, air KaruniaNya. Daya upaya Anda hanya sebatas kepercayaan. Selanjutnya Dialah yang akan mengembangkan tunas kepercayaan dalam diri Anda, menjadi pohon keyakinan. Percayalah Anugerah Allah. Bukalah diri Anda untuk menerima AnugerahNya. Sudah cukup, selanjutnya Allah yang akan menyirami, mengguyuri Anda dengan AnugerahNya, dengan RahmatNya sehingga pohon kepercayaan Anda berbuah lebat, berbuah keyakinan.
Yakinilah RahmatNya, percayailah KasihNya – dan kesehatan, keselarasan, keseimbangan, kenyamanan, ketenangan, ketenteraman, kebahagiaan, kedamaian – semuanya akan menjadi milik Anda.

Di balik segala sesuatu yang bersifat semu, sementara – ada Kebenaran yang misterius, yang tidak bisa dijelaskan, namun bisa dirasakan. Temukan Kebenaran itu, dan hidup Anda akan menjadi lebih indah, lebih berirama, lebih berwarna. Percayailah adanya Kebenaran itu, dan biarkan kepercayaan meningkat menjadi keyakinan. Dalam keyakinan itu, Anda akan menemukan kehidupan, kehidupan yang begitu misterius. Dalam keyakinan itu, Anda akan menemukan keselamatan, kebahagiaan, ketenangan dan kesehatan yang sejati. (Anand Krishna: Cakrawala Sufi 2: Hidup Sehat dan Seimbang Cara Sufi)

Yakinlah bahwa di dalam diri Anda sudah tersedia secara lengkap sarana menuju kesehatan holistik secara mudah dan murah, langkah awalnya adalah memahami semua proses yang terjadi , kemudian berupaya memberdaya diri untuk mencintai tubuh ini sebagaimana Anda mencintai kekasih Anda. Hasil akhir dari upaya memberdaya diri ini adalah kesehatan yang holistik.

1 komentar:

  1. apa yang di maksud dengan keyakinan kesehatan......?

    BalasHapus

Terima kasih telah mengunjungi blog saya, silakan tinggalkan komentar untuk kritik, saran dan masukan...