Memahami Kesehatan Holistik: Langkah Mudah Dan Murah Untuk Menjadi Sehat

Pasti akan timbul pertanyaan apaan sih Kesehatan Holistik itu?

Holistik berasal dari kata ‘whole’, menyeluruh atau secara utuh. Disini diartikan bahwa kesehatan tidak hanya meliputi aspek fisik yang selama ini Anda dapatkan melalui olahraga serta memberikan makanan bagi tubuh dan tentu saja bila sakit akan minta bantuan ke dokter untuk mendapatkan pengobatan. Kesehatan holistik meliputi seluruh aspek yang ada di dalam diri maupun lingkungan Anda .

Kesehatan holistik bisa didapatkan secara mudah dan murah – tanpa biaya dengan belajar memahami semua aspek yang ada di dalam diri karena diri sendirilah yang paling paham dengan tubuh fisik – bukan seorang dokter ! Dengan memberdaya diri memahami semua proses yang terjadi di dalam tubuh dan kemudian mencintai – menyayangi tubuh fisik Anda akan dapat merubah penyakit/‘dis-ease’, rasa tidak nyaman karena penyakit menjadi tubuh yang sehat. Caranya sangat mudah yaitu dengan menyelaraskan tiga unsur yang ada di dalam tubuh yaitu tubuh fisik, nafas serta mind atau pikiran yang meliputi mental & emosional.

Penyakit timbul akibat ketidak- selarasan ketiga unsur ini, utamanya adalah ketidak-selarasan mind atau lebih populer saat ini dengan istilah Stres. Stres akan memicu tubuh untuk membentuk hormon kortisol yang akan menekan sistem kekebalan tubuh sehingga bibit penyakit mudah hinggap dan menyerang . Selain itu stres juga akan mengacaukan semua sistem yang ada di tubuh Anda dan akan menimbulkan berbagai penyakit.

1.Tubuh fisik yang selaras diperoleh dengan memberikan makanan sehat yang bergizi serta melakukan olahraga secara teratur serta menjaga keseimbangan antara kegiatan dan rileksasi.

2.Nafas yang selaras dapat kita latih untuk mengembalikan iramanya seperti saat awal kehidupan sebagai bayi /anak-anak.

3.Mind, pikiran yang meliputi mental dan emosi yang selaras adalah yang tidak penuh dengan gejolak karena banyaknya masalah yang terpendam di bawah sadar Anda, tersimpan dengan rapi tetapi selalu menggerogoti dari dalam. Solusinya tentu saja mengeluarkan sampah-sampah kegelisahan dengan latihan yang dilakukan secara berkala dan terus menerus karena setiap saat sampah kegelisahan ini selalu masuk ke dalam bawah sadar Anda.

Memahami tubuh tidak harus belajar serius dengan menjadi dokter tetapi cukup dengan memahami beberapa sistem penting yang ada di tubuh: cara kerjanya secara normal dan apa saja yang dapat mempengaruhinya dan kemudian berusaha untuk tetap selaras dengan cara kerjanya sehingga Anda tetap sehat. Jadi, dengan memahami sistem kerja seluruh tubuh, bila penyakit timbul akan dengan mudah mengetahui letak kesalahan yang telah Anda lakukan terhadap diri sendiri dan segera mencoba memperbaikinya dan akan segera ke dokter untuk mendapatkan penanganan bila upaya Anda tidak berhasil. Tidak menunggu sampai penyakit menjadi bertambah parah.

Di dalam Kesehatan Holistik, memahami tiga unsur yang ada di dalam tubuh yaitu tubuh fisik itu sendiri, nafas serta pikiran adalah sangat penting terutama untuk menjaga keselarasan iramanya karena hal itu yang akan membuat Anda selalu sehat. Kenapa demikian? Apa yang terjadi di lapisan fisik bisa menggelisahkan pikiran contohnya saat kepanasan dan kegerahan pikiran akan menjadi gelisah. Demikian juga saat pikiran menjadi gelisah nafas serta denyut jantung kita menjadi kacau pula. Seperti dua sisi mata uang logam itulah fisik dan pikiran Anda, dua lapisan kesadaran yang berbeda namun tak terpisahkan ini dipersatukan oleh nafas.

Apabila bicara tentang nafas, sebenarnya membicarakan tentang energi – tentang Life Force: energi kehidupan. Prana atau energi atau tenaga kehidupan tidak dapat berdiri sendiri. Fisik dan mind atau lapisan kesadaran fisik dan mental/emosional juga tidak dapat berdiri sendiri. Nafas, tubuh fisik serta mental /emosional merupakan tri-tunggal. Tiga tetapi satu adanya. Anda tidak bisa berbadan tanpa nafas. Anda tidak bisa berpikir tanpa nafas. Sebaliknya pula Anda tidak bisa bernafas tanpa badan.

Banyak yang tidak memahami konsep tri-tunggal Kesehatan Holistik ini untuk memperoleh kesehatan secara optimal sehingga mengolah ke tiga lapisan secara terpisah. Yang mengolah lapisan fisik hanya memperhatikan kebugaran dan kesehatan tubuh dengan olahraga serta menu makanan yang sehat dan seimbang bagi tubuh. Yang mengolah energi dengan tata nafas – latihan tenaga dalam merasa memperoleh kesehatan dengan melakukannya. Ada juga yang berlatih untuk mengosongkan mind untuk menjadi sehat. Ini yang sangat mustahil karena selama anda hidup, selama Anda masih bernafas pikiran akan tetap ada , mind akan tetap ada. Ya, Anda bisa membuat pikiran menjadi lebih jarang – berjarak. Anda bisa menciptakan suatu ruang lebih lebar antara satu pikiran dan pikiran lainnya. Namun Anda tetap tidak bisa mengosongkan pikiran.

Pertama-tama Anda harus berupaya menyelaraskan tubuh fisik,energi dan mind Anda secara bersama-sama. Ingat jembatan penghubung antara tubuh fisik dan mind adalah nafas. Dengan nafas yang selaras, harmonis secara otomatis kita akan menyelaraskan ketiganya. Latihan-latihan pernafasan yang sangat mudah dapat menyelaraskan lapisan-lapisan kesadaran dalam diri kita. Kalau sudah selaras, baru kemudian menyelaraskan kepribadian Anda yang sudah selaras itu dengan alam sekitar Anda.

Kemudian nafas yang bagaimana yang bisa menyelaraskan fisik dan mind Anda?

Untuk menjawabnya kita harus melakukan kilas balik terhadap kehidupan masing-masing. Di awal kehidupan kita sebagai bayi, begitu lahir - secara alami tanpa pernah belajar bagaimana cara bernafas sewaktu masih di dalam kandungan. Cara bernafas yang paling dasar terjadi saat ini menyelaraskan kedua lapisan kesadaran lainnya. Bayi dalam posisi tidur bila kita perhatikan pada saat menarik nafas perut akan menggembung ke atas dan pada saat membuang nafas perut akan kembali mengempis kembali. Jadi itulah pernafasan dasar – pernafasan perut untuk mengembalikan, menyelaraskan irama Tri-tunggal Kesehatan Holistik.

Untuk awalnya carilah tempat yang tenang untuk menyendiri agar tidak ada yang mengganggu. Duduk dengan posisi yang paling nyaman , bisa di atas kursi atau di lantai beralaskan tikar/karpet, mata selalu terpejam. Posisi punggung tegak , tubuh rilek - santai jangan tegang. Tarik nafas panjang pelan-pelan dan buang nafas panjang pelan-pelan dari hidung. Pada saat menarik nafas perut dikembungkan dan pada saat membuang nafas perut dikempiskan. Lakukan selama 10-15 menit pada pagi hari dan malam hari.

Mudah dan murah kan untuk memperoleh Kesehatan secara Holistik ?

2 komentar:

  1. terimakasih atas informasinya yang sangat menarik dan pastinya bermanfaat. sukses dan jangan lupa kunjungi blog kami :)

    BalasHapus
  2. Terima Kasih......Infox........Sangat bermanfaat!

    BalasHapus

Terima kasih telah mengunjungi blog saya, silakan tinggalkan komentar untuk kritik, saran dan masukan...