Kesehatan Holistik: Keselarasan Pijatan Cinta Selama Dua Puluh Empat Jam Sehari Pada Alat-alat Pencernaan Anda!

Kembali untuk ke sekian kali Anda harus belajar untuk memahami cara kerja tubuh agar bisa mendapatkan kesehatan secara menyeluruh, kesehatan secara holistik.

Semua organ tubuh terbuat dari berbagai jaringan. Untuk menjaga agar berbagai jaringan ini tetap sehat dan kuat, harus selalu ada pasokan nutrisi seperti protein, karbohidrat, lemak, garam, mineral dan vitamin – semua berasal dari makanan dan minuman. Pasokan ini tergantung pada kualitas makanan dan minuman yang di konsumsi dan daya cerna serta daya serap sistem pencernaan. Untuk menyalurkan nutrisi ke seluruh tubuh, sistem sirkulasi harus efisien. Oleh karena itu sistem pencernaan dan sirkulasi perlu dijaga supaya mencapai kondisi kesehatan holistik yang optimal. Akhirnya, ketika nutrisi mencapai semua jaringan tubuh , Oksigen diperlukan untuk proses metabolisme. Untuk mendapatkan pasokan Oksigen yang lebih baik, sistem pernafasan Anda harus dalam keadaan sempurna.

Begitu Anda mengkonsumsi makanan yang tepat, sistem pencernaan Anda akan siap untuk menyerap sebagian besar nutrisi dalam makanan. Semua organ pencernaan seperti lambung, usus, hati dan pankreas ditempatkan dalam rongga perut, ditopang oleh otot-otot kuat di semua sisi. Alam telah memberikan pijatan lembut untuk semua organ pencernaan dengan gerakan otot-otot perut dan diafragma selama dua puluh empat jam sehari saat Anda bernafas.

Ketika Anda menarik nafas, difragma mendorong organ-organ perut ke bawah dan ke depan serta sekaligus mengendurkan otot-otot dinding perut. Ketika Anda menghembuskan nafas, otot-otot perut berkontraksi dan mendorong semua organ rongga perut ke dalam dan ke atas. Dengan demikian alam telah memberikan pijatan yang lembut dan otomatis untuk organ-organ pencernaan sebanyak 16 – 20 kali setiap menit sesuai kecepatan pernafasan normal.

Tetapi, jika otot-otot perut lemah dan otot-otot diafragma tidak dilatih secara teratur, kedua kelompok otot ini tidak dapat memberikan pijatan secara efektif. Saat ini, karena gaya hidup yang banyak duduk dan karena penyakit kegemukan – otot-otot perut kehilangan kekencangannya dan hal ini mengakibatkan kelebihan simpanan lemak di dinding perut. Akibatnya organ-organ perut tergeser dari posisi normalnya dan mempengaruhi pasokan darah. Hal ini dapat mengakibatkan nyeri lambung dan berbagai gangguan pencernaan.

Begitu makanan dicerna dengan baik dan diserap, nutrisinya harus mencapai setiap bagian tubuh dan sistem sirkulasi merupakan sistem pengangkutnya. Semua nutrisi diserap ke dalam darah, di proses sedikit dalam hati dan dialirkan ke sistem pemompaan pusat – jantung untuk di dorong ke seluruh tubuh melalui sebuah jaringan pembuluh darah. Demikian pula darah, setelah memasok nutrisi dan mengumpulkan sisa-sisa hasil metabolisme harus kembali ke jantung dan paru untuk dimurnikan . Organ sirkulasi terpenting adalah jantung. Dengan kontraksi berirama dan pengenduran diafragma serta otot-otot di antara tulang rusuk, paru yang kemudian mengembang dan berkontraksi memberikan pijatan yang baik untuk jantung.
(Dr. Madan Kataria : Laugh for No Reason – Terapi Tawa)
Ini latihannya agar alat pencernaan Anda selalu dipijat dengan penuh cinta, lakukan pernafasan perut:
  • Duduk dengan posisi yang paling nyaman , bisa di atas kursi atau di lantai beralaskan tikar/ karpet, mata selalu terpejam.
  • Posisi punggung tegak , tubuh rileks - santai jangan tegang.
  • Tarik nafas panjang pelan-pelan dan buang nafas panjang pelan-pelan dari hidung.
  • Pada saat menarik nafas perut dikembungkan dan pada saat membuang nafas perut dikempiskan.
  • Lakukan selama 10-15 menit pada pagi dan malam hari. (Anand Krishna: Seni Memberdaya Diri 1 - Meditasi untuk Manajemen Stres & Neo Zen Reiki)
Jadi walaupun sederhana latihannya – jangan lupa untuk selalu rajin berlatih agar mendapatkan kesehatan secara holistik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih telah mengunjungi blog saya, silakan tinggalkan komentar untuk kritik, saran dan masukan...