Lakukanlah Latihan Terapi Ceria Di Pagi Hari Agar Anda Selalu Ceria Sepanjang Hari !

Dalam bidang kesehatan holistik, ada cukup banyak data dari penelitian medis yang menunjukkan bahwa kendati Anda hanya berpura-pura tertawa atau bersikap gembira - tubuh Anda akan menghasilkan zat-zat kebahagiaan.

Menurut prinsip-prinsip pemrograman bahasa syaraf (Neuro Linguistic Programming), entah Anda tertawa secara spontan karena lelucon atau situasi tertentu atau entah Anda merangsang tawa secara sukarela , hal ini tetap merupakan suatu bentuk latihan. Tubuh Anda tidak mengetahui perbedaan antara berpikir mengenai melakukan sesuatu dengan benar-benar melakukannya. Maka apapun sumbernya, terapi ceria dengan tertawa menimbulkan serangkaian perubahan fisiologis yang sama di tubuh Anda.

Faktor terpenting dalam terapi tawa adalah kesediaan Anda untuk tertawa. Jika Anda tidak bersedia tertawa, tidak ada seorangpun di dunia ini yang bisa membuat Anda tertawa. Di sisi lain, jika Anda bersedia tertawa dan memperbolehkan diri sendiri tertawa – tak ada seorangpun yang bisa menghalangi Anda tertawa. Anda bahkan tidak memerlukan satu alasanpun untuk tertawa.

Otak manusia mempunyai belahan kiri dan kanan. Otak sebelah kiri bersifat analitis, logis, matematis dan berkaitan dengan berbagai ketrampilan untuk belajar. Kapasitas otak kiri terbatas, Anda tidak dapat belajar di atas batas tertentu. Otak sebelah kanan berhubungan dengan intuisi, imajinasi, penemuan, musik,seni, kretifitas, meditasi dan penyembuhan. Kekuatan otak kanan tak terbatas. Salah satu cara termudah untuk merangsang otak kanan adalah dengan sikap bermain-main. Dengan sikap bermain-main seseorang dapat menjadi lebih kreatif dan imajinatif. Sikap bermain-main akan menyingkap potensi tidak terbatas keberadaan Anda, tetapi masalahnya adalah sebagian besar dari Anda tidak bersikap main-main sepanjang waktu atau dengan setiap orang. Sebuah Klub Tawa adalah sarana ideal yang memberikan kesempatan untuk bersikap main-main dalam kelompok tanpa perasaan malu.

Biasanya orang mencari suatu alasan untuk tertawa. Tetapi sekarang ini karena stres dan ketegangan hidup modern hanya ada sedikit hal yang bisa membuat Anda tertawa , sementara ada ratusan hal yang bisa membuat Anda mengernyitkan dahi, meratap dan menangis. Seperti tertawa, kebahagiaan juga telah menjadi bersyarat. Kebahagiaan Anda tergantung dengan pada begitu banyak syarat. Kebahagiaan dan tawa Anda menjadi tergantung pada kesuksesan materiil dan prestasi pribadi.

Tawa adalah ungkapan kebahagiaan . Jika Anda dapat belajar tertawa tanpa syarat, kebahagiaan Anda juga akan menjadi tanpa syarat. Oleh karena itu, jadikanlah tawa dan kebahagiaan Anda bebas dari syarat apapun dengan melakukan terapi ceria. Hal ini akan memberi Anda kegembiraan dan kebahagiaan untuk selamanya.

Sekarang, saatnya latihan !!!

1. Latihan pemanasan.
· Jalan di tempat selama tiga kali delapan hitungan , dilanjutkan dengan tangan di letakkan di pinggang dan melakukan peregangan leher dengan gerakan menunduk dan menengadah diakhiri dengan menengok ke kanan dan kiri dengan hitungan yang sama.
· Berdiri tegak kaki sedidkit di buka, kedua tangan di pinggang , bungkukkan badan ke depan dan ke belakang delapan hitungan, kemudian ayunkan hadap kanan dan kiri dan diakhiri dengan bengkokkan badan ke kanan dan kiri masing-masing dalam delapan hitungan.
· Posisi masih berdiri tegap, kedua tangan diangkat ke depan sejajar bahu, telapak tangan dan jari-jari dibiarkan lemas menekuk ke bawah kemudian digerakkan kiri kanan – gerakan bertumpu pada pergelangan tangan selama lebih kurang satu menit
· Istirahat sejenak kemudian dilanjutkan dengan bertepuk tangan. Posisi tangan sejajar bahu, awalnya tepukan pelan-pelan kemudian semakin cepat dan kemudian pelan-pelan berhenti. Sambil bertepuk tangan irirngi dengan menyanyi lagu anak-anak: "Puk ame-ame, belalang kupu-kupu, siang makan nasi kalau malam minum cucu". Tujuan tepuk tangan adalah merangsang titik-titik syaraf yang ada di telapak tangan yang akan memberikan rangsangan pada seluruh tubuh.
· Jogging ala Yoga yaitu dengan cara mengepalkan kedua tangan dengan ibu jari dalam genggaman kemudian meletakkan kedua kepalan menempel persis di depan dada kiri kanan setinggi jantung. Lakukan jogging dengan mengangkat lutut ke depan setinggi pangkal paha awalnya pelan-pelan kemudian kecepatan ditingkatkan sampai maksimal kemudian pelan-pelan kecepatan diturunkan. Dilanjutkan dengan gerakan jogging tumit kaki digerakkan kearah belakang sampai menyentuh pantat. Awalnya pelan, dipercepat sampai maksimal kemudian diturunkan pelan-pelan sampai berhenti. Tarik nafas dalam dari hidung sambil mengangkat tangan ke atas kemudian sambil membungkukkanan badan hembuskan nafas pendek-pendek – dihentakkan dari mulut sambil mengeluarkan suara Ha...ha...ha... dari dada sampai terasa lega.

2. Latihan Utama.
a. Ha...ha...ha...Ho...ho...ho...
Bertepuk tangan sambil mengeluarkan suara Ha....ha....ha......Ho...ho...ho.... dari perut.
Kaki dibuka sedikit kedua tangan lurus ke depan sejajar bahu, renggangkan kedua tangan kemudian mulai bertepuk tangan dan mengeluarkan suara sesuai tepukan tangan Ha...ha...ha...Kedua tangan diangkat lurus ke atas kepala, bertepuk tangan dengan mengeluarkan suara Ho...ho...ho... Ulangi lagi dari awal dengan Ha...ha...ha... kemudian Ho..ho...ho... lagi. Pada awalnya gerakan tepukan tangan dan suara pelan kemudian meningakat agak cepat, semakin cepat dan pada puncaknya dengan tangan terangkat keatas dan wajah tengadah ke langit keluarkan tawa dari perut secara bebas ...Ha...ha....ha..... Istirahat sejenak kemudian di ulangi lagi sampai tiga kali.

b. Tawa sapaan.
Tentu saja ini harus dialakukan oleh dua orang berhadapan. Diawali dengan bersalaman dengan kontak mata (Ini sangat penting , dengan kontak mata akan cepat menularkan tertawa Anda dengan pasangan di depan Anda). Tersenyum kecil dahulu,dengan sedikit ditahan kemudian senyuman mulai merekah , senyuman melebar dan akhirnya tertawa terbahak-bahak masih dengan bersalaman dan bertatap mata. Istirahat sejenak kemudian di ulangi lagi sampai tiga kali.

c. Tawa bertahap.
Posisi masih berhadapan dengan teman (sebaiknya berganti pasangan), saling bertatap mata. Mulai tertawa sedikit, ditahan sambil menutup mulut. Tertawa lagi agak banyak – ditahan lagi, demikian seterusnya sampai Anda tidak bisa menahan tawa - lepaskan tawa terbahak-bahak Anda. Istirahat sejenak kemudian di ulangi lagi sampai tiga kali.

d. Tawa singa.
Ini diambil dari postur Yoga yaitu Simha mudra (postur singa). Kaki dibuka selebar bahu, kedua tangan sejajar bahu – telapak dan jari tangan di ayun-ayunkan seperti pada saat pemanasan. Pada hitungan ketiga 1...2...3... lakukan secara bersamaan badan merendah dengan menekuk lutut, mata melotot dan lidah dijulurkan semaksimal mungkin serta kedua tangan ditekuk disamping kepala sambil diregangkan membentuk cakar nafas ditahan sejenak (persis singa kan??). Usahakan badan tegak tidak condong ke depan. Kemudian nafas biasa dan kembali keposisi berdiri tegak dengan rileks, santai. Setelah rileks ulangi tawa singa ini sampai tiga kali.

3. Latihan pendinginan.
Boleh menggunakan metode senam apa saja yang pernah Anda ikuti, yang terpenting adalah pendinginan ini menghasilkan penurunan denyut jantung dan penambahan rileksasi.
Kemudian bila ingin membersihkan diri dengan mandi sebaiknya menunggu minimal 20 menit agar suhu tubuh turun terlebih dahulu sebelum terkena air dingin yang menyegarkan.

Sebaiknya latihan tawa ini dilakukan secara berkelompok agar lebih efektif dan mudah menimbulkan tawa secara lebih spontan dan meriah. Ingat, tertawa gampang menular ! Sekali Anda berhasil melakukan tertawa terbahak-bahak dari perut dengan spontan, maka Anda akan berubah secara total menjadi murah senyum dan mudah tertawa.

Tidak percaya begitu mudahnya untuk memperoleh kesehatan holistik? Coba lakukan terapi ceria diatas! Bila tidak berhasil, pasti ada yang salah dengan saya... Ha...ha...ha... Ho...ho...ho...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih telah mengunjungi blog saya, silakan tinggalkan komentar untuk kritik, saran dan masukan...