Tujuh Manfaat Terapi Ceria Untuk Kesehatan Anda

Kesehatan holistik selalu mengedepankan seni untuk memberdaya diri segala potensi yang Anda miliki. Kali ini adalah menggali tertawa sebagai terapi ceria untuk membuat anda menjadi sehat.

Tertawa sama tuanya dengan adanya manusia itu sendiri dan manfaatnya telah dirasakan selama berabad-abad. Semua orang tahu bahwa tertawa sangat bermanfaat dan memberikan rileksasi bagi tubuh. Berdasarkan penelitian ilmiah inilah beberapa manfaat dari terapi ceria.

1. Latihan aerobik terbaik.
Tertawa adalah latihan aerobik yang baik. Tertawa merupakan kombinasi gerakan tarikan dan hembusan nafas panjang yang memberikan pertukaran udara yang bagus, istirahat yang menyegarkan serta kelegaan yang luar biasa. Terapi ceria sama saja dengan melakukan aerobik, hanya saja Anda tidak memerlukan sepatu atau pakaian khusus untuk melakukannya dan Anda tidak perlu mengucurkan banyak keringat di atas jalur jogging. Menurut Dr.William Fry dari Universitas Stanford, satu menit tertawa sebanding dengan sepuluh menit latihan mendayung. Dengan kata lain, tawa merangsang jantung dan sirkulasi darah dan sama dengan latihan aerobik.

2. Anti stres.
Terapi ceria merupakan penangkal stres yang paling baik, mudah dan murah. Dengan tertawa selain dapat mengendurkan seluruh otot tubuh, juga akan memperlebar pembuluh darah dan mengirim lebih banyak darah hingga ke ujung-ujung dan ke semua otot di seluruh tubuh. Tertawa merupakan sebuah mekanisme bawaan yang mendorong dua langkah stimulasi dan relaksasi karena pelepasan zat adrenalin dan noradrenalin. Terapi ceria juga akan menekan pengeluaran hormon stres yaitu epineprin dan kortisol.

3. Memperkuat sistem kekebalan.
Sistem kekebalan mempunyai peranan yang sangat penting dalam menjaga kesehatan tubuh dan menjauhkan diri dari infeksi, alergi dan kanker. Telah dibuktikan oleh para Psikoneuroimunolog bahwa semua emosi negatif seperti kecemasan, depresi, kesedihan ataupun kemarahan akan memperlemah sistem kekebalan tubuh dan dengan demikian mengurangi kemampuan tubuh untuk melawan infeksi. Menurut Dr.Lee S Berk dari Universitas Loma Linda California terapi ceria akan membantu meningkatkan jumlah sel-sel pembunuh alami dan juga menaikkan tingkat antibodi. Tertawa memicu pengeluaran catecholamine, adrenalin dan nor adrenalin. Zat-zat ini melancarkan aliran darah, mengurangi infeksi , mempercepat proses proses penyembuhan dan meningkatkan keaktifan seluruh tubuh.

4. Tekanan darah tinggi dan penyakit jantung.
Ada sejumlah penyebab penyakit tekanan darah tinggi dan penyakit jantung, seperti: faktor keturunan, kegemukan, merokok dan konsumsi lemak yang berlebihan – tetapi stres merupakan salah satu faktor yang dominan.Terapi ceria membantu mengontrol tekanan darah dengan mengurangi pelepasan hormon-hormon yang berhubungan dengan stres dan dengan memberikan rileksasi. Demikian juga, jika Anda beresiko tinggi menjadi penderita penyakit jantung – tertawa bisa menjadi obat pencegahan yang terbaik. Anda yang menderita penyakit jantung dan keadaannya telah menjadi stabil karena penggunaan obat-obatan akan merasakan bahwa terapi ceria memperbaiki sirkulasi darah dan pasokan Oksigen ke otot-otot jantung. Dengan meningkatnya sirkulasi darah, kemungkinan terjadinya penggumpalan darah yang akan menyumbat pembuluh darah jantung akan sangat berkurang.

5. Penghilang rasa sakit alami.
Tertawa akan melepaskan endorphin dan enkephalin. Keduanya merupakan dua zat penenang yang merupakan penghilang rasa sakit yang secara alami dihasilkan oleh tubuh. Selain itu tawa mampu meredakan ketegangan otot dan menenangkan syaraf symphatetic.

6. Rasa percaya diri.
Ketika Anda tertawa berkelompok di tempat umum, rasa takut atau rasa malu akan menghilang. Dan setelah beberapa lama Anda akan menjadi oranglebih suka bergaul, terbuka serta ramah. Memang pada awalnya beberapa orang enggan untuk bergabung dengan kelompok terapi ceria meskipun mereka sangat ingin melakukannya karena takut terlihat aneh. Namun demikian secara bertahap akan bisa anda lalui dan keputusan untuk mengikuti terapi ceria akan membuka pikiran dan wawasan Anda. Secara bertahap, terapi ceria juga akan menambah rasa percaya diri Anda dan membantu mengembangkan kualitas kepribadian dan kepemimpinan Anda.

7. Membuat Anda tampak lebih muda.
Orang melakukan olah raga berupa latihan untuk semua otot tubuh, tetapi tidak ada latihan teratur untuk otot-otot wajah kecuali dalam Yoga. Tertawa merupakan latihan yang sangat bagus untuk otot-otot wajah Anda karena akan mengencangkan otot-otot wajah dan memperbaiki ekspresi wajah. Ketika tertawa, wajah Anda tampak merah karena peningkatan pasokan darah yang menyegarkan kulit wajah dan membuat kulit wajah tampak cerah. Orang-orang yang suka tertawa tampak lebih ceria dan menarik. Tertawa juga melatih otot-otot perut dan membantu mengencangkan otot-otot Anda yang berperut gendut.
(Dr. Madan Kataria : Laugh for No Reason – Terapi Tawa)

Sekarang, sudah siapkah Anda untuk melakukan terapi ceria sendiri ataupun secara berkelompok agar kesehatan holistik selalu terjaga??.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih telah mengunjungi blog saya, silakan tinggalkan komentar untuk kritik, saran dan masukan...