Adakah Solusi Sehat Untuk Mengatasi Insomnia Dan Migrain?

Semua tips latihan Sehat Dalam Sekejap untuk mencapai kesehatan holistik selalu kembali ke dalam diri – memberdayakan diri, karena semua penyebab dan akibatnya juga Anda sendiri yang melakukannya sehingga tanggung jawab untuk menjadi sehat terbebas dari stres dan penyakit harus Anda kerjakan sendiri – tanpa bantuan siapapun.

Bila Anda mengalami kegelisahan dan timbul Insomnia serta Migrain, dokter akan memberikan obat agar mudah tidur serta penghilang rasa sakit untuk nyeri kepalanya. Sampai kapankah Anda akan melakukannya – selalu tergantung dengan dokter dan obat?

Obat-obat sakit kepala yang dijual bebas dan sering Anda konsumsi itu hanya menghilangkan rasa nyeri. Jadi sesungguhnya Anda tidak sembuh, hanya tidak “merasa” sakit lagi - jadi belum bebas dari penyebab penyakitnya . Sakit kepala yang berkepanjangan – muncul, hilang, muncul lagi dan hilang lagi – dalam bahasa keren disebut Migrain.

Istilah Insomnia, tidak bisa tidur – lebih populer lagi. Anehnya, seringkali kalau ditanyakan mereka mengaku tidak bisa tidur lebih dari 5 jam. Mereka-mereka ini merupakan korban “generalisasi” dan “standarisasi”. Kata dokter, orang berusia sekian sampai sekian membutuhkan tidur sekian jam. Lalu, pada usia sekian sampai sekian Anda butuh sekian jam. Dan jika jam tidur kurang sedikit saja, anda pikir sudah kena insomnia.

Itu pandangan yang sangat keliru. Tidur merupakan kebutuhan fisik. Dan jika fisik tidak membutuhkan atau belum membutuhkannya – saya tidak akan pernah melawan. Saya akan membaca buku, melakukan sesuatu dan menikmati jam jaga saya. Saya akan melupakan tidur, saya akan bekerja sama dengan badan. Biasanya, beberapa jam kemudian, saya akan ketiduran. Demikian pengalaman saya. Tetapi, saya tidak menganjurkannya untuk Anda. Anda harus memahami sendiri bahasa tubuh dan mengambil keputusan sendiri pula.

Solusi Instan.
· Dengan mata dan mulut tertutup, lakukan humming, dengungan. Tarik nafas panjang dari hidung, kemudian hembuskan nafas pelan-pelan sambil mengeluarkan suara dengungan.
· Penderita Migrain bisa melakukan dalam pisisi duduk maupun tidur. Lakukan selama 5 – 10 menit.
· Penderita Insomnia harus dalam keadaan berbaring di atas ranjang pada saat ingin tidur. Lakukan selama 15 – 20 menit. Biasanya , belum selesai humming Anda sudah ketiduran.
· Bila selama 15 – 20 menit tidak juga bisa membantu, lanjutkan dengan berbaring miring ke sebelah kanan. Lakukan pernafasan perut: tarik nafas lewat hidung dan kembungkan perut dan buang nafas lewat hidung pula dan kempiskan perut. Satu kali penarikan dan pembuangan dihitung satu ronde. Lakukan 9 ronde. Kemudian tidur terlentang dan lakukan pernafasan cara yang sama sebanyak 18 ronde. Terakhir , berbaring miring ke sebelah kiri dan lakukan 9 ronde. Belum selesai, sudah pasti ketiduran.

Solusi Jangka Panjang.
Selain latihan-latihan yang dianjurkan bagi Solusi Instan, ada baiknya Anda melakukan Asana / postur Yoga penemuan khas Anand Ashram ini setiap pagi dan sore.
Posturnya disebut Buddhasana, postur Buddha – karena Siddharta Gautama Buddha sering berbaring dengan postur ini. Asana ini tidak hanya membebaskan Anda dari Migrain dan Insomnia, tetapi juga dari segala macam pandangan keliru tentang kehidupan. Sekaligus dari ketergantungan pada hal-hal di luar diri. Asana ini sangat luar biasa, cobalah dan rasakan manfaatnya.

· Berebahan miring dengan kepala bersandar pada telapak tangan kanan. Lengan kiri diatas kaki kiri, rileks – jangan tegang. Mata selalu terpejam. Dalam keadaan ini, bernafas normal – pelan-pelan, santai sambil menikmati rileksasi yang sedang dialami oleh seluruh badan. Pertahankan postur ini selama merasa nyaman.
· Ganti posisi. Kali ini kepala bersandar pada telapak tangan kiri. Santai rileks. Pertahankan selama masiih terasa nyaman.
· Untuk satu sesi, cukup satu kali setiap posisi. Jika melakukan sendiri tanpa bimbingan, jangan melakukan lebih dari dua sesi setiap hari.

Hebat bukan tubuh Anda? Dengan cara sederhana bisa menyelesaikan dua masalah sekaligus yaitu Insomnia dan Migrain. Masih banyak sekali tips-tips sehat dalam sekejap untuk menemukan kesehatan holistik bagi Anda, bila mengalami kesulitan untuk memahami atau butuh penjelasan lebih lanjut silahkan tuliskan pertanyaan di kolom komentar – nanti akan segera ditanggapi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih telah mengunjungi blog saya, silakan tinggalkan komentar untuk kritik, saran dan masukan...