Sentuhan Ibu Yang Menyembuhkan, Dapatkah Anda Melakukannya?

Setelah tulisan awal untuk memahami kesehatan holistik berupa Terapi Sentuhan, silahkan sekarang melanjutkan pemahaman lebih lanjut tentang terapi sentuhan di bawah ini.

Hazrat Inayat Khan memberikan metode penyembuhan yang paling mujarab, tidak ada yang lebih baik dari yang satu ini. Dia mengajak Anda belajar dari anak kecil, dari ibu, dari hubungan antara anak dan ibu. Sentuhan ibu, pelukan ibu, kehangatan kasihnya yang tak tertandingi. Apabila seorang anak jatuh sakit, sang ibu sepertinya terdorong untuk menepuk-nepuk dia, untuk memeluk dia, untuk mencium dia. Mungkin juga akan menyanyikan lagu untuk anaknya. Seorang ibu bahkan tidak sadar bahwa apa yang ia lakukan itu tak lain adalah mengobati anaknya. Dengan cara demikian, ibu mengembalikan nada dan irama – mengembalikan ritme dalam diri anaknya yang kacau karena sakit.

Pada saat ibu memeluk anaknya yang sakit, menyayangi dan menepuk-nepuk anaknya, yang muncul hanyalah kasih. Lautan emosi yang meluap dahsyat sekali – antara kasih dan kasihan, itu saja yang mereka rasakan. Energi kasih adalah energi Illahi – energi yang tak terbatas dan tak bersyarat, energi tempat asal muasalnya semua kehidupan alam semesta. Dengan memperoleh energi ini lewat kasih ibu , anak akan menjadi selaras kembali dengan irama semesta dan akan memperoleh kesembuhan secara alami.

Pertanyaan Anda sekarang adalah : apakah semua manusia memiliki kemampuan yang sama seperti yang dimiliki seorang ibu?

Jawabanya adalah ya! Semua manusia sejak dilahirkan ke dunia ini mempunyai keterkaitan, keselarasan dengan alam semesta tempat dia dilahirkan. Pada saat bayi dilahirkan sampai usia balita, perhatikan pola nafasnya pada waktu beristirahat. Dia secara alami melakukan pernafasan perut tanpa ada yang mengajarinya, setiap nafas yang masuk perut akan menggembung ke depan dan sebaliknya setiap hembusan nafas keluar perut akan mengempis kembali. Iramanya sangat lembut dan teratur sekali. Kemudian dengan berjalannya waktu, berkembangnya emosi dan pikiran akan merubah pola dasar nafas perut ini menjadi kacau tanpa disadari. Bahkan,bertambah kacau lagi karena sekarang diajarkan pola nafas berbeda yang semakin menambah kekacauan pola energi Anda. Guru olahraga , guru senam, instruktur gymnasium, pillates bahkan mengajarkan pola nafas dada yang berlawanan dengan pola nafas perut sehingga pola energi menjadi bertambah kacau. Kemudian latihan tenaga dalam yang mengajarkan pola nafas yang berbeda pula dengan cara menahan nafas pada saat nafas masuk ataupun keluar, juga dengan memindah-mindahkan nafas perut dan sambil dada sambil menahan nafas.

Sesungguhnya tidak ada yang salah dengan tata nafas yang mereka ajarkan asalkan pola dasar nafas perut ini sudah menjadi milik Anda terlebih dahulu dalam keseharian. Tanpa mengembalikan pola nafas selaras dengan semesta Anda akan semakin mengacaukan pola energi – Anda akan menjadi semakin tidak selaras, semakin memudahkan timbulnya berbagai macam penyakit.

Untuk itu langkah awal untuk mengembalikan pola dasar energi Anda adalah dengan secara tekun melatih nafas perut sampai berhasil. Yang dimaksud berhasil adalah bila dengan sengaja memperhatikan atau tidak , pola nafas keseharian Anda adalah nafas perut. Jadi dengan berlatih secara tekun, Anda secara sadar berusaha mengembalikan irama nafas kembali seperti di waktu awal kehidupan sebagai bayi – selaras dengan semesta tempat Anda tinggal. Dan berkah energi murni – energi Illahi berkelimpahan akan selalu menjadi milk Anda, yang akan selalu menjaga selalu dalam keadaan sehat.

Jadikan nafas perut menjadi bagian dari hidup Anda. Dengan atau tanpa mengatur nafas – yang dilakukan tubuh adalah nafas perut , baik tidur ataupun jaga , makan, berbicara, berjalan – dalam kondisi apapun. Mungkin bergejolak , kacau sebentar karena adanya kekacauan pikiran atau bergejolaknya emosi – tetapi kemudian pola nafas ini kembali ke nafas perut. Dibutuhkan paling tidak latihan tiga bulan secara tekun dan teratur untuk memperolehnya asalkan pikiran dan emosi Anda cukup tenang saat ini. Bila tidak, mungkin butuh waktu yang agak lama untuk mengembalikan iramanya – tergantung ketekunan serta kondisi pikiran serta emosi Anda.

Bila nafas perut sudah menjadi harta karun milik Anda yang ditemukan setelah menggali dengan tekun berlatih, saatnya melakukan terapi sentuhan untuk memperoleh kesehatan secara alami – seperti yang dilakukan ibu pada putranya. Cara melakukannya silahkan membaca ulang dan mempraktekkan yang telah dijelaskan pada Terapi Sentuhan.
(Anand Krishna, Cakrawala Sufi 2 - Hidup Sehat dan Seimbang Cara Sufi)

Yakinlah bahwa kesehatan secara holistik akan Anda miliki secara bertahap apabila mulai saat ini selalu memperhatikan pola makan – minum, pola pikir serta emosi Anda. Tentu saja harus dengan upaya memberdaya diri – berlatih secara tekun karena untuk menjadi sehat semuanya sudah tersedia di tubuh Anda. Ya, kuncinya adalah keyakinan dalam melakukan terapi sentuhan!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih telah mengunjungi blog saya, silakan tinggalkan komentar untuk kritik, saran dan masukan...