Sehat Dalam Sekejap: Adakah Solusi Mengatasi Amarah Dan Kesal?

Sehat Dalam Sekejap: Adakah Solusi Mengatasi Amarah Dan Kesal?Dalam Blog Kesehatan Holistik ini, terutama dalam topik Sehat Dalam Sekejap disajikan solusi instan maupun jangka panjang dari berbagai masalah yang dominan “mengganggu” kehidupan Anda, menimbulkan stres dan penyakit. Bila memiliki lebih dari satu masalah, buatlah daftar terlebih dahulu dari yang paling mengganggu sampai yang kurang mengganggu, kemudian pilihlah topik yang sesuai dengan permasalahan utama dan lakukan latihan berupa solusi instan maupun solusi jangka panjangnya.
Tulisan sehat dalam sekejap ini diawali dari Solusi mengatasi amarah dan kesal.

Ribuan tahun yang lalu sebelum lahirnya Psikologi modern, para pujangga di Timur sudah mulai memikirkan maslah-masalah psikis dan efeknya terhadap kesehatan manusia. Amarah misalnya, oleh Sri Krishna dijelaskan sebagai akibat dari rasa kecewa. Dan rasa kecewa itu sendiri merupakan akibat dari keinginan-keinginan yang tak terpenuhi. Jadi sesungguhnya marah adalah akibat dari keinginan manusia.

Karena itu, untuk mengatasi amarah hanya ada dua jalan.
Yang pertama, memenuhi setiap keinginan – ini jelas mustahil. Kursi presiden hanya satu, yang menginginkan begitu banyak, jelas yang tidak memperolehnya kan kecewa.
Yang kedua, tidak berkeinginan. Tidak mustahil tetapi sulit sekali. Kesadaran Anda harus selalu prima dan berada pada lapisan yang teratas sehingga Anda bisa menerima “apa adanya” tanpa keinginan pribadi. Dalam keadaan ini, Anda sudah berserah diri sepenuhnya pada Kehendak Illahi. No question asked – not mine but let Thy will be done! Anda tidak lagi mempertanyakan kebijakanNya, tetapi menerima sepenuhnya....

Para avatar, para mesias, para nabi, para master, para buddha berada dalam kelompok kedua. Mereka tidak memiliki keinginan pribadi. Karena itu, mereka tidak pernah marah. Tidak pernah marah “seperti “ Anda, kualitas marah mereka berbeda. Amarah mereka bukan produk keinginan yang tak terpenuhi. Amarah mereka adalah produk kepedulian mereka terhadap keadaan Anda, amarah mereka lahir dari rasa kasih. Bila melihat Yesus sedang marah-marah, jangan meragukan kemesiasannya. Amarah seorang Yesus atau seorang Muhammad amat sangat manis – amarah yang dapat mengupas daki ketidaksadaran dari batin Anda.

Latihan-latihan ini bagi Anda yang masih menyimpan segudang keinginan. Anda yang selalu kecewa, jika satupun diantara keinginan-keinginan tersebut tidak terpenuhi. Anda yang sering lepas kendali dan marah-marah tanpa alasan.

Solusi Instan.
1. Minumlah dua – tiga gelas air putih dengan pelan-pelan.
2. Mengepalkan kedua tangan dengan erat dan kuat, lalu dibuka kembali. Lakukan berulangkali sampai amarah mereda.
3. Tutup lubang hidung kanan, dan bernafaslah lewat lubang hidung kiri selama 5 – 10 menit.

Solusi Jangka Panjang.
Lubang hidung kanan mewakili Matahari atau elemen api. Karena itu nafas yang ditarik lewat lubang hidung kanan menghasilkan energi maskulin, energi panas, energi Yang. Sebaliknya, lubang hidung kiri mewakili Bulan dan elemen air. Karenanya nafas yang ditarik lewat lewat lubang hidnung kiri menghasilkan energi feminin, energi dingin, energi Yin.
Jika Anda termasuk orang yang sering marah, ketahuilah bahwa Anda kelebihan energi maskulin atau Yang. Anda butuh pelembutan diri. Untuk itu sebaiknya Anda:

1. Melakukan pernafasan lewat lubang hidung kiri selama 15 – 20 menit, setiap pagi dan sore.
2. Baca juga Menggapai Hidup Damai dan Ceria karya Bapak Anand Krishna dimana masalah amarah ini dibahas secara panjang lebar. Juga lakukan latihan pelampiasan amarah secara rutin dua minggu sekali atau lebih sesuai kebutuhan Anda.
3. Menghindari latihan-latihan tenaga dalam yang semuanya menghasilkan energi Yang, termasuk apa yang di Indonesia disebut “pembangkitan” kundalini, “pembukaan” cakra dan lain sebagainya.
4. Jangan makan terlalu banyak. Lebih baik makan sedikit-sedikit beberapa kali sehari daripada makan banyak sekaligus. Hindarilah minuman yang mengandung alkohol.
(Anand Krishna: Sehat Dalam Sekejap)

Mudah sekali bukan solusinya untuk menjadi sehat, bebas penyakit serta bebas stres? Silahkan melakukannya dengan penuh keyakinan. Tanpa keyakinan bahwa tubuh Anda memiliki kemampuan untuk menyembuhkan dirinya sendiri sesuai prinsip kesehatan holistik, sia-sialah latihan yang Anda lakukan karena hanya akan memperoleh rasa capai dan jenuh saja.

2 komentar:

  1. amarah adalah salah satu bentuk kekesalan yang kalo boleh jujur sangat sulit aku kontrol...melalui beberapa postingan teman2, saya tetap berharap ada tulisan yang bisa meredam dan membantu mengurangi kekesalan jiwa ini..

    salam kenal,
    Bolehngeblog

    BalasHapus

Terima kasih telah mengunjungi blog saya, silakan tinggalkan komentar untuk kritik, saran dan masukan...