Apakah Tanda Dan Gejala Fisik, Psikologis Dan Perilaku Akibat Gangguan Stres??

Apakah Tanda Dan Gejala  Fisik, Psikologis Dan Perilaku Akibat Gangguan Stres??Pengetahuan berikutnya agar anda memahami kesehatan holistik dalam bidang manajemen stres adalah memahami tanda dan gejala stres. Tanda berarti keluhan yang bisa terukur, misalnya panas badan diukur dengan termometer, tekanan darah tinggi dengan tensimeter, dan lain-lain. Sedangkan gejala adalah keluhan yang tidak bisa diukur.

Dibawah ini tanda dan gejala perubahan yang terjadi pada tubuh fisik, psikologis dan perilaku bila Anda mengalami stres. Jangan sampai karena merasa gengsi bahwa Anda merasa normal dan tidak mungkin mengalami atau bahkan menderita stres. Cobalah jujur dan berani melakukan introspeksi diri, adakah tanda dan gejala stres dibawah ini ada pada diri Anda??

1. Fisik
· Sakit kepala
· Mengkereketkan gigi
· Tenggorokan kering, sesak nafas
· Rahang terkunci
· Dada sakit
· Nafas pendek
· Jantung berdebar
· Tekanan darah tinggi
· Otot pegal
· Gangguan pencernaan berupa sembelit atau diare
· Berkeringat hebat pada seluruh tubuh
· Tangan berkeringat , dingin
· Kelelahan
· Insomnia (susah tidur)
· Sering sakit

2. Psikologis
· Rasa cemas
· Mudah tersinggung
· Mersa terancam
· Depresi / rasa tertekan
· Pikiran menjadi lamban
· Pikiran berpacu/ berkejar-kejaran
· Merasa tidak berdaya
· Merasa putus asa
· Merasa tidak berharga
· Merasa kehilangan arah
· Merasa tidak aman
· Perasaan sedih
· Defensif
· Kemarahan
· Sangat sensitif
· Apatis

3. Perilaku
· Makan berlebihan atau kehilangan selera makan
· Tidak sabar
· Suka berdebat
· Menunda-nunda
· Pemakaian alkohol dan obat-obatan terlarang meningkat
· Bertambah banyak merokok
· Menarik diri
· Menghindari tanggung jawab
· Prestasi kerja buruk
· Tenaga terkuras
· Memburuknya kebersihan diri
· Perubahan sikap dalam beribadah
· Perubahan dalam hubungan dengan sesama

Dengan daftar yang begitu panjang dari tanda dan gejala stres diatas, silahkan melihat ke dalam diri. Adakah satu hal saja yang ada di dalam diri Anda? Tidak perlu takut, anda tidak sendirian – banyak diantara kita yang mengalami dan menderita stres tetap menjadi sehat karena bisa menerima stres sebagai bagian dari hidup. Jadi Anda tidak perlu menghindari atau lari dari stres tetapi menghadapinya dengan penuh percaya diri karena seperti pekerjaan lainnya stres bisa di manage dengan Manajemen Stres.
(Scott C. Litin, M.D. - Mayo Clinic Family Health Book)

Jadi setiap masalah pasti ada solusinya asal Anda selalu membuka diri terhadap segala sesuatu hal yang baru – termasuk belajar memahami dan memberdaya diri dengan mencintai segala kelebihan dan kekurangan yang sudah dikaruniakan kepada Anda . Kemudian setelah mengetahui kemampuan diri, secara rutin berlatih dan mempraktekkan apa yang Anda dapatkan dalam tulisan Kesehatan Holistik ini .


1 komentar:

  1. KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل

    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل


    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل


    BalasHapus

Terima kasih telah mengunjungi blog saya, silakan tinggalkan komentar untuk kritik, saran dan masukan...