Kesehatan Holistik: Seni Memberdaya Diri , Meditasi Untuk Manajemen Stres

Kesehatan Holistik:  Seni Memberdaya Diri , Meditasi Untuk Manajemen StresDalam Kesehatan Holistik, diketahui bahwa akar segala permasalahan penyakit yang timbul di tubuh Anda – 70% adalah ditimbulkan akibat stres. Sehingga dibutuhkan ke arifan dan kejujuran untuk mengakui bahwa Anda stres, kemudian setelah itu melakukan terapi yang dianjurkan untuk mengembalikan kesehatan Anda. Untuk itu Anda perlu memahami dasar-dasar terapi stres berupa meditasi.

Meditasi bukanlah konsentrasi. Meditasi juga tidak dapat diterjemahkan sebagai semedi berupa duduk diam selama beberapa menit sampai beberapa jam seperti sebagaimana diartikan sekarang ini. Meditasi adalah gaya hidup. Meditasi harus menjadi dasar kehidupan Anda, baru bisa disebut sebagai meditator.

Konsentrasi merupakan anak tangga menuju meditasi, konsentrasi pada dasarnya akan menggelisahkan Anda, sebagaimana anak tangga melelahkan Anda. Masih ingat waktu Anda baru belajar mengendarai sepeda, motor atau mobil? Anda harus berkonsentrasi, sehingga apabila ada teman yang mengajak bicara di belokan, Anda akan menegur “ Diam dulu donk, saya lagi belok nih “. Musik yang agak keras dapat membingungkan anda. Namun sesudah mahir, Anda sudah tidak perlu melakukan konsentrasi lagi. Kesadaran menjadi semakin luas, Anda bisa mendengar musik, bicara dengan teman, memikirkan usaha dengan tangan dan kaki tetap bekerja mengendalikan apa yang ditumpangi.

Meditasi sama dengan perluasan kesadaran. Hasil akhir dari meditasi adalah samadhi atau keseimbangan, keselarasan. Setelah mencapai keseimbangan diri, Anda tidak gelisah lagi, tidak khawatir lagi, tidak takut lagi, tidak cemas lagi. Demikian Anda menjadi sehat secara keseluruhan, kesehatan holistik.

Dalam tulisan di blog ini, karena keterbatasan tempat, latihan-latihan ditulis secara pendek dan terpisah. Disini akan dijelaskan secara lengkap urutan lima latihan yang harus dilakukan selama lima minggu ke depan tanpa terputus. Latihan dilakukan selama tujuh hari berturut-turut untuk tiap-tiap latihan, kemudian setelah selesai lima latihan Anda bisa mengulanginya dari awal sampai akhir sebanyak tiga paket selama lima belas minggu.

Selama melakukan latihan ini tinggalkan latihan-latihan lain yang pernah diikuti karena bila mencampur adukkan latihan dari ajaran yang berbeda selain membingungkan juga akan mengacaukan pola energi Anda. Selain itu Anda bisa menilai secara jujur latihan ini atau latihan sebelumnya yang pernah didikuti yang lebih bermanfaat untuk kesehatan dan perkembangan spiritualitas Anda.

Sebelum mulai latihan Anda harus membaca ulang dan memahami 5 lapisan kesadaran, karena semua latihan disini mengolah secara bersamaan semua lapisan kesadaran yang Anda miliki – tidak hanya satu lapisan saja.

1. Minggu pertama: Rileksasi kilat dan cara pernafasan yang benar.

2. Minggu kedua: Membudayakan emosi dan pembersihan aura.

3. Minggu ketiga: Membudayakan suara dan terapi untuk membebaskan diri dari rasa tegang.

4. Minggu ke empat: Membudayakan penglihatan & mengembangkan rasa kasih.

5. Minggu ke lima: Membudayakan pikiran dan peningkatan kesadaran.

Untuk latihan ketiga tidak boleh dilakukan sendiri, harus di dampingi oleh fasilitator yang telah ditunjuk oleh Anand Ashram. Sekali lagi, latihan ketiga tidak boleh dilakukan sendiri!

Catatan penting :

1. Meditasi bulan suatu cara pengobatan alternatif. Meditasi membantu melihat kehidupan secara utuh. Meditasi meningkatkan kesadaran Anda, dan efek samping dari meditasi adalah kesehatan holistik bagi raga, rasa dan jiwa Anda.

2. Kecuali kalau dilarang, setiap tehnik dapat dilakukan sendiri. Walaupun tehnik-tehnik ini disusun dengan sangat hati-hati setelah konsultasi dengan para ahli dalam bidang yang berkaitan, tetap juga wajib berkonsultasi dengan dokter pribadi untuk menjamin keamanan tehnik-tehnik ini bagi Anda.

3. Anand Ashram dapat dihubungi sewaktu-waktu untuk mendapatkan informasi tambahan. Bahkan bisa memperoleh jadwal pelatihan rutin serta Open House yang diselenggarakan oleh fasilitator Anand Krishna Center yang berada di dekat lokasi tempat tinggal Anda.

4. Latihan-latihan hendaknya dilakukan dengan perut kosong. Jarak yang paling aman antara makan terakhir dengan latihan adalah 4 jam, pengertian makan disini adalah makan nasi atau roti. Tidak ada larangan untuk minum, makanan kecil dan lain sebagainya.

5. Pakaian yang digunakan agak longgar dan sedapat mungkin terbuat dari serat alami seperti katun atau sutra. Sebaiknya tidak menggunakan baju senam yang terbuat dari bahan nylon ataupun bahan sintetis yang akan menutup pori-pori badan Anda.

6. Latihan harus dilakukan di atas lantai beralas sehingga energi yang terkumpul sewaktu latihan tidak diserap oleh bumi. Alas yang paling baik adalah yang terbuat dari serat alami.

7. Setelah usai latihan untuk kembali ke posisi duduk dari posisi berbaring lakukan dengan cara sebagaimana dijelaskan dalam latihan rileksasi kilat.

8. Dalam setiap latihan ada beberapa tahap. Antara satu tahap dengan tahap yang lain harus ada jarak beberapa detik sampai dengan maksimal 1—2 menit , kecuali ada ketentuan lain.

9. Seusai latihan, jangan langsung bangun, tetaplah berbaring sebentar. Hal ini dibutuhkan agar ketenangan yang diperoleh teresap benar.

10. Untuk lebih merasakan manfaat dari latihan-latihan ini, hindarilah makan daging berwarna merah , seperti sapi, kambing, babi, ikan tuna.

11. Sebagai seorang meditator, hendaknya membiasakan diri minum air putih sebanyak mungkin.

12. Jangan menggabungkan satu latihan dengan latihan yang lain kecuali latuhan pertama. Anda dapat memilih misalnya latihan kedua untuk pagi hari dan latihan ke empat atau ke lima untuk malam hari. Jangan melakukan dua tehnik pada waktu yang sama.

13. Waktu yang paling baik untuk latihan adalah pk.04.00—08.00 pada pagi hari, untuk sore waktu yang paling baik adalah sekitar pk.18.00. Pada waktu matahari terbenam dan matahari terbit alam begitu tenang,sehingga dapat menunjang meditasi.

Demikian program lengkap Manajemen Stres ini, semuanya sekarang terserah Anda – bersedia atau tidak untuk bersusah payah memberdaya diri atau hanya sekedar numpang lewat saja pengetahuan ini. Tetapi berdasarkan pengalaman saya pribadi, kesehatan holistik akan didapatkan secara mudah dengan cara latihan / terapi sesederhana ini – tidak dengan latihan yang sulit dan mahal.

2 komentar:

  1. oye tenan bos.
    Selamat.....selamat....mat ....mat....
    Apik leh.

    BalasHapus
  2. saya akan mencoba berlatih,utk meningkatkan kesehatan & stamina tubuh yg lebih baik,doakan smga berhasil,Terimakasih.

    BalasHapus

Terima kasih telah mengunjungi blog saya, silakan tinggalkan komentar untuk kritik, saran dan masukan...